Sabtu, 05 Agustus 2017

ISIS kerja sama dengan mafia Italia selundupkan minyak ke Eropa

Polisi Italia kini tengah menyelidiki kerja sama bisnis antara organisasi mafia dengan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) untuk menyelundupkan minyak ke Eropa.

Aparat keamanan menemukan sejumlah besar minyak di Italia tidak bisa diolah di banyak tempat penyulingan. Informasi itu dimuat dalam harian La Repubblica. Polisi meyakini minyak itu diimpor dari Suriah dan Libya, dua negara tempat ISIS bercokol.

Artikel di harian lokal Italia itu mengutip laporan rahasia dari Markas Besar Polisi di Finanza pada Februari 2017.

Laman Newsweek melaporkan, Jumat (4/8), seorang sumber anonim mengatakan kepada koran La Repubblica, minyak itu seharusnya tidak berada di sana (di tempat penyulingan).

"Kami tidak tahu kalau ISIS atau kelompok fundamentalis lain berada di balik ini karena jejak mereka kemudian hilang lantaran perantara palsu," kata sumber itu, seperti dikutip The Times.

Penyelundupan minyak ke Eropa itu, kata laporan La Repubblica, dilakukan dengan kapal tanker yang berhenti di Mediterrania lalu minyak itu dipindahkan ke kapal tanker lain. Mereka mematikan radio komunikasi untuk mencegah deteksi.

ISIS menguasai Kota Sirte di pesisir Libya selama lebih dari setahun. Mereka kemudian mengambil alih penyulingan minyak dan pelabuhan.

Di Suriah ISIS menguasai kawasan minyak di sebelah timur negara itu selama tiga tahun masa kejayaan. Pendapatan ISIS sebagian besar berasal dari penjualan minyak ilegal. [pan]

Livecasino338
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar